Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Cara Memakai Henna Untuk Kulit Tangan dan Kaki

Bagaimana Cara Memakai Henna Untuk Kulit Tangan dan Kaki? Henna adalah pasta yang terbuat dari dedaunan serta ranting tanaman henna, yakni tanaman yang tumbuh di beberapa negara sisi Asia Selatan serta Afrika Utara. Waktu henna dibubuhkan pada kulit, henna tinggalkan cat dengan warna yang beragam dari jingga sampai merah tua, yang akan sirna dalam tempo 1 sampai 2 minggu. Artikel ini akan mengajari pada Anda langkah menggunakan henna spesial kulit dengan aman untuk membuat seni badan yang indah serta sensual.


Bagi Anda Yang Belum Paham Bagaimana Cara Memakai Henna Untuk Kulit Tangan dan Kaki. Ini Dia Tutorialnya

Bahan-bahan :

  1. 1/4 cangkir (20g) daun henna fresh atau bubuk henna 
  2. 1/4 cangkir (60 ml) perasan lemon yang disaring untuk buang pulp serta bijinya 
  3. 1/4 cup (60 ml) minyak 

Persiapan 

Tetapkan anggota badan yang akan dipakaikan henna. Oleh sebab sifatnya yang cuma sesaat, henna bisa dipakai pada sangat banyak anggota badan untuk tampilkan karya seni. Tetapi, ada banyak unsur yang butuh Anda pikirkan sebelum memutuskannya: 

  1. Apa situasi cuaca sangat mungkin Anda tampilkan anggota badan yang dikasih henna? 
  2. Adakah acara sah yang perlu Anda hadiri dalam beberapa waktu ke depan hingga henna semestinya ditempatkan dibagian yang tersembunyi? 
  3. Pertanyaan semacam ini bisa menolong mempersempit pilihan anggota badan yang akan digambar dengan henna. Anggota badan yang seringkali dihias dengan henna ialah tangan, lengan, serta kaki. 

Tetapkan desainnya. Anda mungkin susah memastikan design gambar henna sebab pilihannya tidak hanya terbatas, bahkan juga dalam cakupan tradisonal sekalinya. 

  1. Anda semakin lebih gampang pilih design bila mempunyai deskripsi visual berdasar hasil yang Anda kehendaki. Anda dapat juga melakukan modifikasi design Anda sendiri. 
  2. Jelajahilah internet serta mencari "design henna" di peramban. Terdapat beberapa bentuk design basic yang dapat Anda pilih. 
  3. Sejumlah besar orang suka pada design berpola bunga, sesaat beberapa orang yang lain suka pada design berpola paisley, atau design bebas. 


Buat persiapan anggota badan yang akan dikasih henna. Gunakan baju yang tidak menutupi sisi itu. Bila rambut Anda mengganggu, ikatlah menjauhi sisi yang akan dikasih henna. 

  1. Yakinkan untuk bersihkan sisi itu dengan air serta sabun supaya henna bisa dibubuhkan dengan halus. 


Mengolah Henna 

1. Saringlah henna untuk menghilangkan gumpalan-gumpalan yang bisa menutup ujung kantongnya

Tidak hanya memakai saringan, Anda pun bisa melebarkan kain nilon diatas wadah plastik serta menempatkan henna serta beberapa koin diatas kain itu. Bila Anda memakai dedaunan henna fresh, pakai penghancur atau pengaduk makanan serta jadikanlah bubuk. Tutup wadah serta kocoklah supaya henna tersaring lewat kain nilon. 

2. Tuanglah bubuk henna dalam mangkok kecil 

Bila Anda menggunakan bubuk henna dari pertama, lakukan hal itu. 

3. Campur 1/4 cangkir (60 ml) perasan lemon atau air serta bubuk henna dengan pengocok sampai campurannya mempunyai kepadatan seperti kentang tumbuk. 

4. Campurlah dengan baik. 

5. Tutupi henna dengan kantong plastik.

  1. Diamkan henna sepanjang 24 jam dalam suhu kamar supaya cat keluar dari henna. 
  2. Cat akan terpisah jadi susunan tertentu diatas bekas kombinasi henna. 

6. Mengambil cat yang terpisah dengan sendok

Imbuhkan perasan lemon, ¼ sendok teh (1 ml) dikit demi sedikit, sampai kepadatan henna mirip kepadatan yoghurt. 

7. Masukan henna ke kantong plastik kerucut

  1. Putar sisi atas kantong kerucut 1 atau 2 kali, lantas ikat memakai karet gelang dengan kencang. 
  2. Gulung karet gelang ke bawah, menggerakkan henna sampai menyentuh ujung kantong kerucut serta basic sisi karet gelang. Ini akan membuahkan kantong yang kencang hingga akan pastikan henna keluar dengan baik. 

Membubuhkan Henna 

1. Cuci kulit dengan air serta sabun. Gosokkan dikit alkohol dengan kapas bila kulit condong berminyak. 

2. Letakkan sisi ujung dari kantong kerucut henna diatas kulit. 

  1. Tekanlah dengan lembut sisi atas kantong, pas dibawah karet gelang, memakai ibu jari Anda, supaya henna keluar lewat ujung kantong kerucut. 
  2. Bila henna susah keluar, Anda dapat memotong ujung kantong kerucut dengan gunting kuku untuk memperlebar bukaannya. Ingat-ingatlah untuk bikin potongan yang begitu kecil supaya Anda tidak memotong terlalu berlebih. 

3. Bikinlah design yang Anda kehendaki. Anda dapat membuat design Anda sendiri atau melihat-lihat buku atau templat design di internet untuk mencari ide. 

  1. Henna pada tangan serta kaki akan berwarna lebih gelap dibanding sisi yang lain sebab kulit di bagian paling ujung umumnya lebih tebal. 
  2. Sisi leher serta muka umumnya tidak dapat terserang cat dengan baik sebab kulit dibagian itu berbentuk tipis serta berminyak. 

4. Biarlah design henna jadi kering. Henna yang bagus tidak kelihatan basah atau berminyak, tapi tidak bisa begitu kering hingga bisa retak. 

5. Semprotkan 1 susunan gel semprot pada design yang telah jadi. Gel ini umumnya ada dalam botol pompa serta dipakai untuk membenahi rambut. Anda dapat beli gel semprot di toko obat di seputar Anda atau di supermarket di bagian kesehatan serta kecantikan. 

6. Biarlah gel semprot jadi kering. Pakai pengering rambut untuk percepat proses pengeringan. 

7. Semprotkan kembali susunan gel pada henna. Sesudah gel jadi kering, Anda bisa melapisi design dengan kain kasa supaya lebih terlindung. 

8. Biarlah design henna terbungkus semalaman atau paling tidak sepanjang 12 jam. 

9. Membuka bungkus design henna. Tambahkan susunan lip balm, minyak kelapa atau minyak zaitun pada permukaan design henna. 

10. Menghilangkan serpihan henna kering yang berlebihan dengan sabun lembut serta air. Keringkan design dengan kain halus supaya tidak cepat sirna. 

11. Tambahkan dikit minyak. Ini akan membuat henna bertahan lama.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Henna Pada Kulit Tangan dan Kaki Dengan Cepat Secara Alami 

Panduan 


  1. Pakai pelindung yang pas waktu membubuhkan henna. Tidak hanya permukaan yang berpori, Henna akan menodai kulit serta baju Anda. Pakailah sarung tangan serta jagalah baju Anda dengan celemek. Membersihkan permukaan berpori yang terserang henna dengan pemutih. 
  2. Taruhlah henna di freezer dalam wadah yang tahan hawa serta sinar. 
  3. Anda dapat masukkan pasta henna ke wadah lem kosong (seperti lem putih Elmer) bila Anda ingin henna lebih gampang dipakai. 
  4. Mengambil cangkir kecil, taburkan dikit gula, lantas imbuhkan air supaya gula larut. Hapuslah henna dari kulit Anda dengan kapas. 
  5. Imbuhkan satu sendok makan gula ke pasta. Ini akan membuat pasta lebih berupa serta mempunyai kepadatan yang lebih baik. Nilai lebihnya, ini semakin lebih melekat pada kulit. 
  6. Biarlah henna dikit lebih lama untuk memekatkan warnanya. 
  7. Berikan Vaseline sesudah henna jadi kering untuk membuat bertahan lebih lama serta membuat warnanya lebih pekat. 
  8. Biarlah henna paling lama 30 jam. 


Penting 


  1. Jangan sampai tambahkan henna pada kulit bayi. Pada bayi yang mempunyai kekurangan G6PD (Glukosa - 6 - Fosfat Dehidrogenase), henna bisa menyebabkan sel darah merah terpecah. 
  2. Jauhi kombinasi henna hitam dalam paket. Produk ini memiliki kandungan bahan kimia yang bisa menyebabkan reaksi alergi kronis. 
  3. Jauhi henna bila Anda tengah konsumsi litium. Henna bisa mengganggu proses penyerapan litium pada badan. 
  4. Henna tidak bisa dikonsumsi lewat mulut. Ini bisa menyebabkan sakit perut serta resikonya serius yang lain. 
  5. Jauhi mencampurkan pasta henna dengan minyak moster. 
  6. Dalam beberapa masalah, henna bisa mengakibatkan peradangan serta luka pada kulit. Sebaiknya anda tetap menguji henna pada sejumlah kecil kulit terlebih dulu sebelum memakainya selanjutnya untuk mengecek terdapatnya reaksi alergi.


Faedah Serta Manfaat Henna Untuk Kecantikan 

Henna adalah tanaman paling tua yang dari dahulu kala biasa dipakai untuk bahan kosmetik (kecantikan). Henna begitu aman sekali dipakai sebab warna yang munculkan ialah warna alami, tanpa ada pewarna sintesis kimia atau bahkan juga bahan beresiko yang lain. Henna yang telah diracik jadi satu mehndi atau mehendi dapat dipakai untuk bikin skema atau design yang indah dibagian kulit, umumnya di tangan serta kaki. 

Dari dahulu henna dipakai untuk proses pengobatan serta therapy. Henna digunakan untuk menyehatkan rambut supaya makin mengkilap, menyembuhkan kebotakan, mengobati biang keringat, menghilangkan ketombe, dan berperan menjadi conditioner rambut serta baik untuk kulit kepala. 

Wanita-wanita India menggunakan henna untuk percantik diri mereka tidak hanya menggunakan perhiasan serta make-up. Umumnya digunakan keseharian untuk meningkatkan keselarasan bersama dengan suami mereka. Henna dipakai dalam acara-acara penting seperti pernikahan, upacara spesial dan lain-lain. 

Contohnya dalam soal pernikahan, dua atau tiga hari sebelum hari pernikahan berjalan, mempelai wanita mesti hadir pesta mehndi atau mehendi yang diadakan bersama dengan keluarga serta rekan. 

Pada pesta itu tangan mempelai wanita akan dihiasi mehndi (henna) dari ujung jari sampai siku, serta dibagian kaki dari ujung kaki sampai lutut. Lantas nama mempelai lelaki akan dituliskan dengan tersembunyi di antara mehendi yang dipasang lalu akan jadikan permainan kuis penelusuran nama calonnya. 

Permainannya dikerjakan saat sebelum pernikahan diawali. Dalam permainan itu mempelai lelaki mesti temukan lebih dulu di mana tulisan namanya disembunyikan. Kadang mempelai lelaki dihiasi dengan mehendi. 

Ada satu mitos yang menjelaskan jika penggunaan henna dapat mencegah kejahatan serta membawa nasib baik buat yang menggunakannya. Oleh karenanya henna umumnya digunakan sebelum melahirkan (waktu hamil) serta sebelum pernikahan. 

Sedang di Indonesia acara pernikahan tradisionil di sejumlah daerah memasukkan ritual penggunaan daun pacar menjadi satu diantara ritual pernikahan melayu. Semasing daerah mempunyai makna serta arti tertentu untuk ritual itu, walau di waktu saat ini ritual dipandang oleh beberapa kelompok warga Indonesia menjadi pelengkap acara pernikahan satu tradisi semata-mata. 


Tidak hanya di Pakistan serta India, henna biasa dipakai oleh golongan wanita di Asia, Afrika bahkan juga Amerika. Di sejumlah negara, henna dipakai pada hari pernikahan, seperti untuk menghiasi kuku, lengan serta kaki beberapa calon pengantin wanita.