Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut Adalah Ciri - Ciri Gejala Asam Lambung Dan Cara Mengobatinya

Berikut Adalah Ciri - Ciri Gejala Asam Lambung- Apa Anda seringkali merasakan ngilu pada ulu hati atau rasakan sensasi panas di dada sampai ke tenggorokan? Bila iya, Anda mungkin mempunyai masalah pencernaan yang diketahui dengan nama GERD. GERD seperti dengan refluks asam lambung. Tetapi walau saling membuat asam lambung naik, refluks asam lambung serta GERD tidak sama.

Berikut ini ciri-ciri gejala asam lambung dan bagaimana cara mengobatinya yang perlu anda ketahui.

Sakit asam lambung karena GERD berbentuk akut serta umumnya berlangsung paling tidak lebih dari 2x per minggu serta dapat kumat setiap saat. Baca penjelasan komplet mengenai penyakit GERD terhitung tanda-tanda, pemicu serta pilihan obat asam lambung paling baik, dan langkah menahan serta menangani asam lambung naik di masa datang.

Apa pemicu sakit lambung sebab GERD? 

Lambung bekerja merusak makanan yang masuk agar diserap badan. Asam lambung menyengaja dibuat oleh lambung untuk memudahkan kerjaannya itu. 

Tetapi saat jumlahnya asam yang dibuat justru kebanyakan, karena itu bisa mengakibatkan permasalahan lambung, seperti refluks asam lambung. Refluks asam lambung ialah saluran balik asam lambung atau naiknya asam lambung ke kerongkongan. 

Saluran balik asam ini sebetulnya adalah sisi normal dari gerakan skema pencernaan, hingga refluks asam lambung tidak dapat disebutkan jadi penyakit. 

Tetapi bila asam lambung jadi benar-benar seringkali naik hingga menimbulkan sensasi rasa terbakar di dada serta tenggorokan (heartburn), berarti otot cincin lambung (sfingter) yang berperan jadi katup penahan asam agar masih terus di lambung tidak berperan secara baik. Nah, keadaan berikut yang selanjutnya mengakibatkan Anda alami sakit asam lambung. 

Sakit lambung disebutkan jadi GERD jika berlangsung paling tidak lebih dari 2x per minggu. Biasanya keadaan ini berlangsung sesudah Anda konsumsi makanan tersendiri yang dapat menyebabkan asam lambung naik. Tanda-tanda GERD bisa berjalan singkat atau juga bisa berlangsung sepanjang tidur. 

Dalam beberapa masalah, pemicu asam di lambung naik dapat sebab terdapatnya desakan pada perut waktu kehamilan, unsur obesitas, atau mempunyai sindrom hernia perut. Diluar itu, satu orang yang konsumsi alkohol dalam jumlahnya berlebihan, merokok, mempunyai diabetes,asma, serta penyakit jaringan ikat beresiko tinggi terserang penyakit ini. 

Apa tanda-tanda GERD? 

Saat asam lambung naik, jaringan di selama dinding kerongkongan akan terititasi oleh asam lambung. Mengakibatkan, Anda akan alami heartburn, yakni sensasi panas atau ngilu di dada yang terkadang tanda-tanda ini menebar sampai ke kerongkongan. Keadaan ini umumnya berlangsung sesudah makan serta tanda-tanda semakin lebih jelek saat malam hari.

GERD umumnya tunjukkan tanda-tanda, misalnya: 

  1. Mulut berasa asam 
  2. Sakit tenggorokan (berasa perih) 
  3. Makanan berasa naik serta mengganjal kerongkongan 
  4. Asam di bagian belakang mulut 
  5. Mual 
  6. Muntah 
  7. Perut kembung 
  8. Kesusahan menelan 
  9. Batuk atau bengek 
  10. Suara serak 
  11. Mengi; batuk 
  12. Ngilu dada, khususnya waktu berbaring pada malam hari 
  13. Cegukan 

Anda harus selekasnya mengontak dokter bila Anda mempunyai tanda-tanda seperti dada yang merasa sakit atau napas pendek. Diluar itu, Anda harus memberi tahu dokter Anda bila tanda-tanda ini seringkali berlangsung serta makin bertambah jelek. Badan masing­-masing orang berlainan. Tetap tanyakan ke dokter untuk mengatasi keadaan kesehatan Anda. 

Apa penyakit GERD dapat sembuh? 

GERD dikarenakan oleh otot cincin (sfingter) lambung yang tidak berperan normal. Tidak ada obat asam lambung yang bisa membuat otot itu normal kembali, tetapi obat-obatan ini dapat menolong menurunkan tanda-tanda serta mencegahnya kumat kembali. 

Beberapa langkah menangani asam lambung yang perlu Anda tahu: 

Tidak hanya dengan obat, sakit lambung sebetulnya dapat dengan gampang ditangani melalui penataan makanan yang lebih sehat serta imbang. 
Beberapa ketentuan skema makan yang butuh Anda lihat untuk menolong menangani asam lambung kambuhan ialah: 

Makan lebih teratur. Satu diantara pemicu kenaikan asam di lambung ialah skema makan yang tidak teratur. Oleh karenanya, upayakan untuk mempunyai jam makan yang sama tiap hari. Diluar itu, Anda pun dianjurkan tidak untuk makan dua jam sebelum tidur sebab hal itu bisa menyebabkan asam naik ke tenggorokan waktu tidur. 

Jauhi ngemil antara waktu makan. Rutinitas satu ini bisa membuat pencernaan kesusahan untuk mengolah makanan yang kebanyakan. Mengakibatkan, badan memerlukan waktu yang lumayan lama juga untuk mengolah makanan itu. 

Lihat bagian makan. Langkah menangani asam lambung yang lain dengan memerhatikan bagian makan. Pasalnya makan dalam bagian besar bisa menyebabkan refluks. Untuk menghindarkan kelaparan, semestinya Anda makan seringkali tetapi dalam bagian yang lebih kecil. 

Kunyah makanan secara benar. Walau kelihatan remeh, langkah satu ini penting untuk dilihat. Pasalnya ini bisa dapat menolong enzim pencernaan memproses serta mengolah makanan lebih gampang hingga kurangi efek asam lambung naik atau jadi memperburuk tanda-tanda GERD yang Anda alami. 

Jauhi minum air kebanyakan waktu makan. Minum kebanyakan air ditengah-tengah waktu makan dapat mencairkan asam di lambung serta membuat makanan yang Anda mengonsumsi lebih susah untuk diolah. 

Pilihan makanan untuk asam lambung yang baik dikonsumsi

Asam di lambung rawan naik sesudah setelsai makan. Karena itu, tidak hanya mengagendakan makan lebih teratur, Anda pun butuh lebih ketat memilih apa yang Anda makan tiap hari untuk menangani asam lambung. Salah pilih makanan malah bisa membuat asam lambung naik. 
Di bawah ini beberapa makanan untuk asam lambung yang baik dikonsumsi bila Anda sedang sakit asam lambung: 

Pisang. Pisang mempunyai tingkat keasaman yang rendah dengan kandungan pH seputar 4,5 sampai 5,2. Ini membuat bisa menetralkan asam di lambung serta menolong memudahkan tanda-tanda. Tidak hanya pisang buah no citrus yang lain seperti melon, apel, pepaya, serta pir jadi pilihan paling baik jadi makanan untuk asam lambung. 

Oatmeal. Oatmeal (bubur havermut) memiliki kandungan gandum utuh yang kaya serat hingga bisa menolong menyerap asam di lambung hingga bisa menahan isi lambung naik kembali.. Pilihan makanan tinggi serat yang lain tidak hanya oatmeal ialah roti gandum serta beras whole grain. 

Sayuran hijau. Sayuran hijau seperti brokoli, kacang hijau, seledri, kol, bayam, serta yang lain ialah pilihan makanan untuk asam lambung paling baik. Ini sebab sayuran-sayuran itu rendah akan asam hingga membuat baik dikonsumsi untuk meringakan tanda-tanda refluks yang sedang Anda alami. 

Jahe. Jahe mempunyai karakter antiradang alami yang baik jadi perawatan untuk sakit asam lambung serta permasalahan pencernaan yang lain. Anda bisa memberikan tambahan jahe parut atau potongan jahe ke smoothie, teh, atau masakan Anda. 

Putih telur. Putih telur rebus ialah pilihan yang bagus jadi makanan untuk asam lambung. Tetapi ingat, jauhi kuning telur sebab memiliki kandungan lemak tinggi yang malah bisa jadi parah keadaan Anda yang sedang sakit asam lambung. 

Daging tanpa ada lemak. Daging tanpa ada lemak ialah pilihan paling baik jadi makanan untuk asam lambung. Makanlah dada ayam tanpa ada kulit serta daging merah tanpa ada lemak lewat cara dikukus, dipanggang, atau dibakar. Jauhi memproses makanan type ini lewat cara digoreng sebab minyak bisa jadi memperburuk tanda-tanda refluks.

Lidah buaya. Tanaman lidah buaya diketahui jadi penyembuh alami dan perawatan masalah pencernaan, terhitung untuk GERD. 

Makanan yang perlu dijauhi bila sakit asam lambung 

Seperti yang telah disebut di atas, memerhatikan konsumsi makanan adalah aspek khusus untuk menangani asam lambung naik. Bila Anda sakit asam lambung, ada banyak minuman dan makanan yang semestinya dijauhi atau dikurangi, yakni: 

1. Cokelat 

Cokelat salah satu makanan untuk asam lambung yang perlu dijauhi. Ini sebab cokelat bisa menyebabkan kenaikan asam lambung dengan mengakibatkan otot sfingter melemas sebab memiliki kandungan cafein serta insentif yang lain yakni theobromine. Tidak itu saja, cokelat juga memiliki kandungan lemak tinggi. 

2. Soda 

Tidak hanya membuat perut kembung, soda serta minuman berkarbonasi bisa menyebabkan asam lambung naik. Bahkan juga soda yang memiliki kandungan cafein bisa membuat keadaan asam di lambung makin jelek. Nah, itu penyebabnya, soda salah satu makanan untuk asam lambung yang perlu dijauhi bila Anda tidak mau alami mual, panas lambung, serta mulas. 

3. Makanan yang digoreng 

Makanan untuk asam lambung yang lain yang perlu dijauhi ialah gorengan. Ya, makanan yang digoreng didapati dapat menyebabkan refluks. Makanan ini dihubungkan dengan panas lambung. Tanda-tanda yang mungkin dihadapi pasien ialah ngilu dada. Diluar itu, makanan yang digoreng dikenal juga jadi penyebab cholesterol. 

4. Alkohol 

Sama dengan minuman bersoda, bir, anggur, serta minuman keras yang lain bisa berperan mengakibatkan refluks. Alkohol diakui bisa merelaksasi katup dibawah esofagus (menyatu dengan lambung) yang bisa mengakibatkan refluks. 

5. Susu berlemak tinggi 

Pada intinya, semua makanan yang berlemak tinggi bisa mengakibatkan refluk. Baik susu, mentega, atau keju mempunyai kandungan lemak yang kira-kira sama tinggi. Jadi, bila Anda fans keju serta mentega, tetapi sakit asam lambung, semestinya jauhi konsumsi ke-2 type makanan itu. Supaya lebih aman mengonsumsi produk olahan susu dengan versus yang rendah lemak. 

6. Daging tinggi lemak 

Bila Anda mempunyai GERD, Anda harus menghindarkan makanan daging tinggi lemak. Daging tinggi lemak memerlukan waktu yang lama untuk diolah badan hingga bisa tingkatkan produksi asam terlalu berlebih. Pilihan yang dapat Anda kerjakan ialah buang lemak dari daging, serta konsumsilah daging cuma satu minggu sekali. 

7. Cafein 

Anda telah membaca di atas jika cafein bisa tingkatkan refluks. Cafein bukan sekedar diketemukan pada kopi, dan juga pada teh. Tetapi, Anda dapat konsumsi teh herbal seperti chamomile karena teh herbal umumnya tidak memiliki kandungan cafein. 

8. Tomat 

Bila lambung Anda memiliki masalah, semestinya Anda menghindarkan tomat. Buah ini memiliki kandungan sitrat serta asam malat yang bisa tingkatkan asam di lambung. Saat Anda konsumsi kebanyakan tomat, asam itu bisa mengalir ke kerongkongan. Tidak ada pilihan lain, karena saat Anda menyediakan tomat lewat cara memanggangnya juga, ini tidak kurangi asam itu. 

9. Buah citrus 

Jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali ialah buah-buah yang terhitung dalam citrus. Menurut riset yang dimuat dalam Annals of Otology, Rhinology & Laryngology, jika batasi konsumsi makanan asam bisa menurunkan tanda-tanda refluks karena asam yang naik sampai tenggorokan, seperti batuk serta suara serak. 

10. Bawang bombay

Menurut Oklahoma Foundation for Digestive Research, orang yang mempunyai penyakit GERD serta makan bawang bombay alami penurunan pH lambung dalam sekejap. Makin rendah pH, asam akan makin tinggi. Ini dapat mengakibatkan sendawa serta mual. 

Kenal beberapa type obat asam lambung 

Obat asam lambung sendiri terbagi dalam dua type, yakni obat tanpa ada resep serta obat yang membutuhkan resep spesial dari dokter. Walau demikian, baik obat dengan resep atau yang tidak dengan resep, Anda harus konsultasi dahulu dengan dokter untuk memperoleh obat asam lambung paling baik sesuai keadaan Anda. Jauhi minum obat-obatan ini di luar dari saran yang diberi. 

Obat asam lambung yang di jual bebas 

Type obat-obatan ini umumnya bisa Anda dapatkan dengan gampang di apotek, toko obat, atau bahkan juga di warung tak perlu menebus resep dokter. Pada umumnya, ada tiga type obat bebas yang untuk menangani asam lambung, salah satunya: 

Antasida. Beberapa antasida memiliki kandungan simetikon, yakni satu bahan yang menolong singkirkan gas berlebihan pada tubuh. Contoh obat antasida ialah Mylanta®, Malox®, Rolaids®, Gaviscon®, Gelusil®, serta Tums®. 

H-2 receptor blockers. Histamin-2 (H-2) receptor blockers dipakai untuk kurangi produksi asam di lambung. Contoh obat type ini ialah cimetidine (Tagamet®), nizatidine (Axid AR®), ranitidine (Zantac®), serta famotidine (Pepcid®). Dampak H2 receptor blockers tidak secepat antasida tetapi obat ini bisa turunkan produksi asam di lambung sampai 12 jam. 

Proton pump inhibitors (PPIs). Proton pump inhibitors (PPIs) salah satu obat bebas yang lebih kuat menangani asam lambung daripada antasida serta H2 receptor blockers. Contoh obat type ini ialah omeprazole (Prilosec®) serta lansoprazole(Prevacid 24 HR®). 

Ingat, tetap baca panduan langkah gunakan obat asam lambung yang tercantum di cap info produk. Bacalah dengan cermat berapakah dosis yang Anda perlukan serta hubungan apa yang mungkin berlangsung dari pemakaian obat itu. Jika keadaan Anda tidak alami pergantian sesudah dua minggu konsumsi obat bebas, selekasnya kontrol diri Anda ke dokter. 

Obat asam lambung yang butuh resep dokter 

Bila kondis Anda tidak segera lebih baik dengan obat bebas, dokter kemungkinan memberi resep obat yang lebih mujarab untuk menangani asam lambung Anda. Obat asam lambung dari dokter umumnya tidak jauh berlainan dengan obat yang di jual di market, terkecuali obat yang memerlukan dosis yang tambah tinggi. Contoh obat asam lambung yang membutuhkan resep dokter ialah seperti berikut: 

H-2 receptor blockers dengan resep. H-2 receptor blockers yang memakai resep biasanya bisa menurunkan mulas serta menyembuhkan refluks. Contoh obat ini ialah famotidine (Pepcid®), nizatidine (Axid®), cimetidine (Tagamet HB200®), serta ranitidine (Zantac®). 

Proton pump inhibitors (PPIs) dengan resep. Obat ini terbaik dikonsumsi satu jam sebelum makan. Contoh obat proton pump inhibitors yang butuh resep dokter ialah esomeprazole (Nexium®), lansoprazole (Prevacid®), omeprazole (Prilosec, Zegerid®), pantoprazole (Protonix®), rabeprazole (Aciphex®), serta dexlansoprazole (Dexilant®). 

Obat penguat sfingter esofagus sisi bawah. Baclofen (Lioresal®) ialah peregang otot serta obat antispastik yang dipakai untuk menguatkan sfingter esofagus sisi bawah. Tetapi, resikonya bacoflen bisa mengakibatkan kecapekan atau mual. 


Bila Anda masih sakit asam lambung walau telah lakukan penyembuhan seperti yang telah disebut di atas, mekanisme operasi peluang akan diperhitungkan serta dianjurkan oleh dokter. Mekanisme operasi ini umumnya akan memulihkan peranan otot sfingter esobagus sisi bawah. Walau demikian, operasi tidak dapat kembalikan manfaatnya dengan normal.