Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dampak Negatif dan Positif Ganti Domain Blogspot ke Domain TLD

Apakah ada dampak buruk dan bagusnya jika ganti domain dari blogspot ke domain TLD Serta dampak negatif dan positifnya? Saya meyakini Anda sedikit akan dibikin terkejut, saat iklan adsense yang anda pasang di halaman website anda mendadak blank tidak ingin tampil, tentunya pendapatan dari adsense juga tidak bertambah, sesudah diselidiki nyatanya sebabnya sebab anda lakukan custom domain atau ubah domain dari mulanya website dengan alamat subdomain blogspot jadi domain pribadi. 

Dampak Negatif dan Positifnya Jika Ganti Domain Blogspot ke Domain TLD

Sebetulnya ada banyak unsur mengapa iklan adsense tidak tampil di halaman website, beberapa sebabnya salah satunya sebab content yang memiliki kandungan beberapa kata yang melanggar kebijaksanaan, kode iklan yang dipakai salah /tidak komplet, atau juga bisa sebab anda lakukan ubah domain dari mulanya domain .blogspot.com jadi domain pribadi (.com, net, org dan lain-lain). 

Iklan adsense yang mendadak tidak tampil sesudah ubah domain umumnya banyak dihadapi oleh penerbit/publisher pemula yang sedikit pengalaman serta belum memperoleh info yang cukup tentang google adsense, hingga mereka tanpa ada fikir panjang langsung lakukan custom domain untuk alamat url website kepunyaannya tanpa ada memerhatikan account adsense yang digunakannya, akhirnya iklan juga yang awalannya tampil jadi blank tidak ingin tampil sesudah dipasang di alamat website yang baru. 

Untuk website yang masih subdomain blogspot yang kebetulan dipasangi iklan adsense, sebetulnya tidak jadi masalah bila ingin dicustom jadi domain pribadi, tetapi sebelum itu sebaiknya anda memerhatikan dahulu type account adsense yang anda pakai. 

Bila account adsense yang anda pakai kebetulan account adsense hosted, karena itu anda sebaiknya berpikir dahulu sebelum lakukan custom domain, sebab iklan dari account adsense hosted tidak tampil di website dengan alamat domain pribadi, terkecuali account adsense itu anda upgrade jadi non-hosted. 

Ketahui Type account adsense anda sebelum ubah domain ? Perlu untuk diketahui sekarang ini ada 2 type account adsense yang dapat dipunyai oleh seseorang penerbit/publisher, yang pertama account adsense hosted serta yang ke-2 account adsense non-hosted. 

Account adsense hosted adalah account adsense yang didapat lewat pendaftaran website yang masih subdomain .blogspot.com atau account adsense yang didapat lewat pendaftaran video youtube, iklan dari account adsense hosted ini cuma bisa dipasang di halaman website masih subdomain blogspot atau video youtube. 

Bila account adsense hosted didapat dari pendaftaran website blogspot, karena itu unit iklan cuma bisa dpasang di halaman website dengan subdomain blogspot saja, bila account adsense hosted yang didapat lewat pendaftaran video youtube karena itu unit iklan adsense dari account itu cuma dapat dipasang di video youtube saja. Yang ke-2 ialah account adsense non-hosted, account adsense non-hosted adalah account adsense yang didapat lewat pendaftaran yang memakai website atau situs dengan domain pribadi, iklan dari account adsense type ini dapat dipasang baik di website yang masih subdomain blogspot, di website dengan subdomain pribadi atau di video youtube. 

Mengapa Iklan Adsense tidak tampil sesudah ubah domain ? Sesudah tahu type account adsense, karena itu satu diantara pemicu mengapa iklan tidak ingin tampil sesudah ubah domain sebab peluang account adsense yang anda pakai masih sejenis account adsense hosted. Anda mungkin mendapatkan account adsense itu dengan mendaftar website anda yang masih subdomain, hingga account adsense yang anda dapatkan ialah account adsense hosted dimana iklannya cuma bisa dipasang di website berflatform blogspot saja. 

Saat anda ubah domain, tentunya alamat domainnya bukan dengan subdomain @blogspot.com, tetapi jadi domain dengan alamat pribadi, jelas iklan adsense tidak tampil, karena iklan adsense yang anda pasang datang dari account adsense hosted. Bagaimana Triknya supaya iklan tampil kembali ? 

Bila pemicu iklan tidak tampil sesudah ubah domain dikatahui nyatanya sebab account adsense yang anda pakai masih account hosted, karena itu satu diantara triknya supaya iklan adsense anda dapat tampil di domain pribadi anda karena itu anda harus lakukan upgrade account adsense hosted anda supaya account adsense anda beralih dari hosted jadi account adsense non-hosted. 

Untuk lakukan upgrade account adsense triknya cukup gampang, pekerjaan anda ialah menempatkan iklan adsense dari account adsense hosted di halaman website domain pribadi anda, tetapi anda harus mengatur otorisasi website domain anda yang dipasangi iklan di account adsense anda. 

Upgrade account adsense dari hosted ke non hosted umumnya memakan waktu, sama seperti seperti proses pendaftaran adsense saat ulasan ke 2, situs atau website anda akan direview kembali oleh google, bila situs anda dipandang wajar untuk menyiarkan iklan adsense serta sesuai kebijaksanaan mereka, karena itu kemungkinan pendaftaran akan diterima serta account adsense anda akan beralih dari hosted jadi non-hosted, hingga iklanpun akan tampil di website dengan domain pribadi anda. 

Rangkuman Semestinya berpikir dahulu 2x sebelum anda lakukan custom domain untuk website yang dipasangi iklan adsense, sebab bila iklan adsense anda sejenis hosted atau iklan adsense yang didapat dari pendaftaran dengan memakai website berdomain blogspot, sebab saat domain anda menjadi domain pribadi iklan tidak tampil di alamat baru domain anda. 

Jadi pilihannya, yakinkan sebelum ubah domain anda telah mengupgrade account adsense anda supaya jadi account adsense non-hosted, hingga iklan dari account adsense type ini dapat ada serta dapat dipakai tidak cuma untuk domain blogspot saja, tetapi juga bisa dipasang di halaman website domain pribadi bahkan juga juga bisa di pasang di video youtube. Demikian artikel simpel mengenai Mengapa Iklan adsense tidak tampil sesudah ubah domain?, mudah-mudahan artikel di atas dapat menjawab pertanyaan anda. 

Mempunyai domain dengan nama sendiri tanpa ada mengikutkan embel-embel nama perusahaan lain, seperti .blogspot.co.id atau .blogspot.com tentu saja jadi satu diantara yang diimpikan kebanyakan orang yang mempunyai website. 

Ganti nama domain blogspot dengan domain sendiri, atau arti kerennya ialah TLD (Top-level-domain) memang hal yang bisa dikerjakan di Blogger, dimana kita bisa ganti nama situs dengan hilangkan embel-embel .blogspot, seperti sekolahblogger.net misalnya. 

karena ubah domain efek ubah domain karena perubahan domain efek negatif perubahan domain traffic turun ubah domain tehnik redirect domain TLD dampak ubah domain traffic turun sesudah ubah domain TLD 

Dengan cuma dengan modal 120 ribu, Anda telah bisa beli satu domain TLD di registar domain, serta website akan kelihatan lebih professional dengan TLD. 

Memang murah, cukup sisihkan uang jajan sepanjang satu bulan, website bisa menjadi lebih professional dengan domain sendiri. 

Tetapi sesudah Anda ganti domain website, akan ada beberapa hal yang berlangsung pada website yang Anda atur, baik itu dari sisi negatif atau positif. 

Dari sisi positif yah, sederhananya website Anda akan kelihatan lebih professional sebab memakai domain yang berakhiran dengan .com, .net, .org, .informasi, dan lain-lain, dan hilangkan merek blogspot pada website Anda. 

Tetapi seperti yang saya katakan di atas, ada efek negatif yang akan Anda alami sesudah ganti domain website. 

Serta diantaranya ialah traffic website yang alami penurunan 

Traffic website yang alami penurunan sesudah perubahan domain ialah hal yang biasa berlangsung, bahkan juga lebih dari 90% orang yang ganti domain website mereka yang masih memakai blogspot dan menggantinya dengan domain TLD alami kejadian ini, terhitung saya tentu saja. 

Jadi jangan bingung jika misalnya traffic website Anda alami penurunan sesudah lakukan perubahan domain. 

Nah, untuk membahas selanjutnya mengenai apa hal yang (mungkin) akan berlangsung bila Anda ganti domain website, silakan baca penjelasan di bawah ini: 

DAMPAK POSITIF 

1. Website akan kelihatan professional​ 

Efek pertama serta yang pastinya Anda alami pas sesudah ganti domain website jadi TLD ialah website yang kelihatan jadi professional. 

Lebih dari 90% dari website/situs populer yang tersebar sekarang ini telah memakai domain sendiri pada URL website mereka, maka bila misalnya Anda ingin membuat website Anda Go-Pro, karena itu ganti domain jadi TLD bisa jadi satu langkah kedepan untuk sampai arah itu. 

Diluar itu, dengan memakai domain TLD website tidak kelihatan market, sebab Anda telah memakai domain sendiri serta buang embel-embel .blogspot.co.id atau .blogspot.com yang sudah dipakai oleh juta-an situs lain. 

2. Alamat website jadi lebih gampang diingat​ 

Dengan ganti domain jadi TLD, automatis embel-embel domain .blogspot.co.id atau .blogspot.com pada URL website Anda hilang, yang membuat alamat website jadi lebih pendek serta gampang diingat. 

Bila misalnya alamat website Anda awalannya ialah caramembuatblog.blogspot.com yang terbagi dalam 28 ciri-ciri, karena itu sesudah Anda ganti domain jadi caramembuatblog.com yang cuma terdiri 19 karakte, pengunjung tak perlu panjang-panjang mengetikan alamat website Anda di address bar pada browser untuk berkunjung ke website Anda. 

Dengan demikian, URL website bisa menjadi lebih friendly dimata pengunjung sebab gampang diingat. 

3. Siap dipindahkan ke Wordpress kapan saja Anda ingin ​ 
Satu diantara hal yang dikuatirkan oleh banyak orang yang menghosting situsnya di Blogger.com ialah terdapatnya peluang jika website dihapus oleh Google, baik itu sebab pemilik website memang lakukan pelanggaran kebijaksanaan atau kekeliruan tehnis. 

Tetapi apa pun sebabnya, Blogger bisa jadi meniadakan website kapan saja mereka ingin. 

Nah, untuk menghadapi ini sampai berlangsung, umumnya seseorang blogger akan ganti domain mereka jadi TLD. Dengan demikian, meskipun website mereka dihapus sekalinya oleh Google, dengan memakai file backup yang mereka punyai mereka masih bisa lakukan migrasi ke Wordpress self-hosting, tanpa ada kehilangan traffic atau penurunan SERP sedikitpun di halaman pelacak, seperti Google serta Bing. 

Ini hanya aksi mencegah, jadi meskipun Anda tidak mempunyai kemauan untuk bermigrasi ke Wordpress, sebaiknya Anda ganti domain website Anda jadi TLD untuk menahan ini sampai berlangsung. 

DAMPAK NEGATIF 

1. Traffic website menurun​ 

Satu diantara hal yang tentu Anda alami saat Anda lakukan perubahan domain ke TLD, Anda akan rasakan sensasi dimana traffic pengunjung website akan berkurung. 

Ini akan berlangsung sekian waktu sesudah Anda ganti domain, sekurang-kurangnya, diminggu pertama Anda akan rasakan penurunan traffic sebesar 15 sampai 30 %, serta ini akan berjalan sepanjang sekian waktu. 

Jadi saat Anda ganti domain, selanjutnya traffic website alami turun, karena itu itu lumrah, serta upayakan jangan cemas, sebab ini ialah hal yang biasa berlangsung. 

Berdasar pengalaman saya, sesudah website lakukan perubahan domain, traffic website pasti alami penurunan traffic sebab penurunan SERP di beberapa kata kunci (keyword), dengan jumlahnya yang seperti yang saya katakan awalnya. 

2. Tidak bisa dimonetisasi dengan memakai account Adsense hosted 
​ 
Hal paling akhir yang ingin saya berikan di sini berkaitan "efek dari pergantidan domain website jadi TLD pada website" ialah memperingatkan jika Anda tidak dapat memakai account Adsense sejenis hosted di website sesudah ganti domain jadi TLD. 

Saat Anda memaksa ingin menempatkan iklan Adsense dari account hosted, sia-sia saja, sebab iklan akan tampil dengan penampilan blank atau ruangan kosong. 

Ini karena sebab account Google Adsense hosted cuma bisa dipasang di website yang masih memakai merek punya partner Google, seperti Blogger serta YouTube. 

Meskipun pada intinya Anda masih memakai service Blogger, tetapi sebab Anda hilangkan merek punya Google, yaitu penamaan domain .blogspot.co.id atau .blogspot.com, karena itu Anda tidak memiliki hak untuk menyiarkan iklan Adsense dari account hosted. 

Tetapi jangan cemas, sebab Anda masih bisa menyiarkan iklan Adsense dengan mengupgrade account Adsense yang Anda punya.