Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Google Forms Lengkap Dengan Gambar

Bagaimana Cara Membuat Google Forms- Awalnya kami akan menerangkan dahulu apakah itu Google Forms. Forms ialah tehnologi yang paling serbaguna di internet. Dengan Google Forms anda bisa mengurus pendaftaran acara, membuat polling quick count opini secara cepat serta masih banyak.

Dengan Google Forms, Anda dapat membuat serta menganalisa survey secara benar di peramban seluler atau situs Anda-tidak dibutuhkan piranti lunak spesial. Anda memperoleh hasil instant waktu mereka masuk. Serta Anda bisa merangkum hasil survey selintas dengan diagram serta grafik.

Tutorial Cara Membuat Google Form Paling Mudah

Google Forms ialah semua yang Anda perlukan untuk kumpulkan info itu dengan gampang. Dengan Google Forms, diperlukan beberapa waktu untuk membuat dengan gratis. 

Google Forms – dengan Documents, Spreadsheet serta Slide – ialah sisi dari serangkaian alat aplikasi online Google untuk menolong Anda mengakhiri lebih beberapa hal di browser Anda dengan gratis. 

Gampang dipakai serta satu diantara langkah paling mudah untuk menaruh data langsung ke spreadsheet serta itu ialah sidekick paling baik dari Google Sheets Spreadsheet. 

Jika Anda butuh kumpulkan data untuk spreadsheet Anda, Google Forms ialah rekan paling baik Anda. Dalam bab ini, silahkan kita lihat dengan dalam feature Google Forms, alat tersembunyi, serta add-on untuk menolong Anda membuat Forms yang Anda perlukan dalam beberapa saat. 

Riwayat terciptanya Google Forms 

Google Forms awalannya diawali jadi feature Google Spreadsheet di tahun 2008, dua tahun sesudah peluncuran asli Sheets. Anda dapat memberikan tambahan formulir ke spreadsheet, memformatnya dalam lembar terpisah, serta lihat respon formulir Anda di lembar lain. Itu basic, tetapi itu sukses. 

Google memberikan tambahan semakin banyak feature ke Forms dari sekian waktu, lalu Google pada akhirnya mengubah jadi aplikasi mandiri diawalnya tahun 2016. Saat ini Anda bisa membuat serta mengurus formulir di docs.google.com/forms, dengan template serta akses cepat ke semua formulir Anda di satu tempat. 

Google Forms sekarang ini adalah alat formulir berfitur komplet yang ada gratis yang dapat Anda bikin lewat account Google Anda. Anda bisa memberikan tambahan type pertanyaan standard, feature Drag and Drop sesuai dengan posisi yang Anda senang, sesuaikan bentuk dengan topik photo atau warna simpel, serta kumpulkan respon dalam Formulir atau menyimpannya ke Google Sheets Spreadsheet.

Cara Membuat Google Forms 

Cara-cara yang dapat Anda pakai untuk bikin Google Forms: 

  1. Dari forms.google.com, click Blank atau pilih template. 
  2. Dari drive.google.com, click New > Yang lain. Di samping Google Forms, tujukan ke Panah kanan serta click Blank form or From a template. 
  3. Namai formulir Anda: Di sudut kiri atas, click Untitled form atau nama formulir template serta masukan nama baru. 
  4. (Opsional) Imbuhkan gambaran: Dibawah nama form, imbuhkan teks Anda. 
  5. (Opsional) Ganti warna latar atau topik: Click palet (Palet Warna) lalu pilih warna atau topik. 

Forms Editor benar-benar gampang untuk dipelajari. Formulir Anda akan penuhi sisi tengah monitor, dengan ruangan untuk judul serta gambaran dibarengi oleh kolom formulir. Click bagian formulir untuk mengedit serta imbuhkan satu pertanyaan. 

Pakai kotak dropdown di samping lapangan untuk pilih type bagian, seperti pilihan ganda, kotak centang, jawaban singkat, dan lain-lain. 

Google Forms tawarkan beberapa pilihan penataan. Toolbar yang ada di samping kanan sangat mungkin Anda memberikan tambahan semakin banyak bagian formulir. 

Di menu kanan atas Anda bisa merubah pola warna form, lihat pratinjau formulir, pakai tombol Send untuk share formulir, serta akses pilihan penambahan yang lain, terhitung meng-install add-on untuk Forms. 

Berubah dari tab Pertanyaan ke tab Responses di editor formulir Anda untuk lihat respon sekarang ini pada formulir Anda serta tautkan ke spreadsheet. 

Yang butuh Anda kerjakan ialah memberikan tambahan pertanyaan Anda serta mengirim formulirnya, jadi silahkan kita lihat pilihan formulir serta apa yang bisa Anda kerjakan dengan semasing. 

Bagaimana Langkah Memberikan tambahan Pertanyaan Pada Google Forms? 

  1. Click Untitled question serta masukan pertanyaan Anda. Anda memperoleh pendapat berdasar type pertanyaan Anda. 
  2. (Opsional) Untuk merubah type pertanyaan, click panah ke bawah. 
  3. Imbuhkan pilihan tanggapan (bila berlaku untuk type pertanyaan Anda). 
  4. (Opsional) Untuk memastikan apa orang harus menjawab pertanyaan, click Required. 

Untuk memberikan tambahan lebih beberapa pertanyaan, pilih satu pilihan: 

  1. Untuk memberikan tambahan pertanyaan baru, click ‘Add Question’. 
  2. Untuk memberikan tambahan salinan pertanyaan yang ada, click ‘Duplicate’. 

Catatan: Pergantian akan disimpan dengan automatis. Untuk lihat pratinjau pergantian Anda setiap saat, di kanan atas, click ‘Pratinjau’. 

Google Forms meliputi 12 type feature: 9 type pertanyaan, dengan bagian teks, photo, serta video. Cukup click simbol + di side bar kanan untuk memberikan tambahan pertanyaan baru, atau click simbol teks, photo, atau video untuk memberikan tambahan media ke formulir Anda. 

Tiap feature meliputi tombol tulis untuk menduplikat cepat, lewat cara simpel untuk memberikan tambahan pertanyaan sama ke formulir Anda. Ada pula tombol hapus, pilihan untuk bikin lapangan diperlukan, serta menu dengan pilihan penambahan disamping kanan. 

Anda bisa ganti type pertanyaan setiap saat, walau lihat jika penataan lapangan serta pertanyaan Anda akan ditata lagi bila Anda berubah dari pilihan ganda, kotak centang, atau menu ke type pertanyaan yang lain. 

Untuk cepat isi pertanyaan di kolom, cukup tekan enter untuk mulai memberikan tambahan lainnya. 

Panduan Cepat: Menyengaja meniadakan komponen formulir atau menambahkannya kebanyakan? Cukup ketuk CMD + Z atau Ctrl + Z untuk menggagalkan, sama dengan yang Anda kerjakan dalam dokumen. 

Bagaimana Langkah Mengirim Google Forms Yang Sudah Dibikin? 

Jika Anda siap mengirim Forms Anda, Anda bisa mengirimkannya lewat e-mail, menyalin serta tempelkan tautan dalam pesan chat atau e-mail, menyematkannya di situs situs, atau share tautan di sosial media. 

Langkah Kirim Forms Anda: 

  1. Dikanan atas, click Kirim. 
  2. (Opsional) Untuk kumpulkan alamat e-mail: Bila pendengar formulir hanya terbatas pada organisasi Anda, check dengan automatis mengumpulkan alamat e-mail organisasi responden Anda. Bila Anda mendistribusikan formulir dengan external, check Mengumpulkan alamat e-mail. 
  3. Pilih bagaimana Anda ingin kirim formulir: 
  4. Masukan alamat e-mail di kolom Pada. Anda bisa sesuaikan content subyek serta pesan. 
  5. Link-Klik Link ‘insert link’. Anda bisa menyingkat URL. Click Tulis serta tempel tautan ke percakapan, pembicaraan, atau e-mail. 
  6. Content situs web-Klik kode Embed. Anda bisa memastikan dimensi frame sebaris. Click Copy serta paste HTML ke web atau website anda. 
  7. Untuk mengirim Forms Anda pada disosial media yang anda punya Anda tinggal Click satu diantara simbol sosial media. 

Itu penjelasan kami mengenai langkah membuat Google Forms. Mudah-mudahan artikel ini dapat berguna untuk Anda.