Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengirim Surat lamaran Kerja Lewat Email Agar Diterima Plus Gambar

Bagaimana Cara Mengirimkan Surat Lamaran Kerja Lewat Email? Di zaman masa kekinian seperti sekarang ini contoh surat lamaran kerja lewat E-mail banyak dicari oleh mereka yang sedang cari pekerjaan. Dahulu, orang melamar kerja lewat cara megirim surat lamaran lewat kantor pos atau dikirim sendiri dengan cara langsung ke perusahaan/kantor yang sedang buka lowongan pekerjaan, tetapi saat ini orang mengirim surat lamaran kerja mereka lewat Internet yang seringkali diketahui jadi E-mail atau surat elektronik. 

Begini cara mengirim lamaran lewat email yang baik dan benar, dimana panduan ini harus diterapkan oleh pemula

Dengan memakai E-mail, pelacak kerja dapat lebih gampang serta lebih irit dalam kirim surat lamaran ke perusahaan sebab tidak membutuhkan amplop serta perangko, serta tak perlu pergi ke perusahaan untuk kirim surat lamaran. 

Buat perusahaan penerima kerja juga tentu saja semakin lebih praktis jika surat lamaran pekerjaan diantar lewat E-mail. Ini dapat dibuktikan dari jumlahnya perusahaan-perusahaan di Indonesia yang buka lowongan kerja serta mengundang siapa saja yang tertarik mendaftarkan untuk selekasnya mengirim resume mereka dan kelengkapannya melalui E-mail. 

Ada banyak kriteria yang perlu disiapkan sebelum kirim surat lamaran kerja lewat E-mail ialah seperti berikut: 

  1. Surat lamaran kerja, baik berbentuk Microsoft Word, Catatan, atau Acrobat PDF (upayakan ukuran file tidak kurang dari 25MB) 
  2. Daftar kisah pekerjaan (CV) 
  3. Scan ijasah 
  4. Scan sertifikat 
  5. Scan KTP 
  6. Cocok foto 
  7. Beberapa surat lain (sesuai keinginan perusahaan tempatmu melamar) 

Langkah Cara mengirim surat lamaran kerja lewat e mail 

  1. Mengumpulkan semua berkas yang dibutuhkan pada sebuah forder dan kapasitasnya tidak kurang dari 25 MB 
  2. Pakai account E-mail yang aktif. Jika belum punyai, bikinlah lebih dulu 
  3. Nama e-mail yang dipakai sebaiknya sama juga dengan indentitasmu pada saat melamar kerja 
  4. Bisa memakai kolom CC (tembusan) atau BCC jika dibutuhkan 
  5. Jika kamu ingin menyertakan data-data simpatisan, contohnya seperti sertifikat, bisa memakai menu attachment yang bersimbolkan peniti 

Template surat lamaran kerja lewat e-mail 

Pada (nama perusahaan yang dituju) 

CC (tembusan) jika dibutuhkan 

Subject (fakta E-mail ini dikirim) 



Dengan hormat, sesuai info yang kami baca dari web sah perusahaan jika perusahaan (nama perusahaan) sedang memerlukan tenaga kerja jadi (tempat yang akan dilamar) 

Karena itu saya yang bertanda tangan ini: 

Nama: (nama anda) 

Alamat: (alamat yang sesuai jati diri) 

TTL: (tempat serta tanggal lahir sesuai dengan KTP) 

Pendidikan: (pendidikan paling akhir) 

Dengan maksud untuk isi lowongan pekerjaan itu. 

Dengan surat ini, saya mengikutkan daftar kisah pekerjaan serta data simpatisan yang lain yang dibutuhkan ke dalam lampiran yang bisa didownload jadi bahan alasan Bapak/Ibu. 

Besar keinginan saya supaya bisa diberi peluang untuk hadiri tes interviu untuk menerangkan lebih dalam tentang data diri saya. 

Atas perhatian Bapak/Ibu saya berterima kasih. 

Hormat saya, 

Nama Anda 

Beberapa contoh surat lamaran kerja 

Seperti yang telah diterangkan di atas, ada banyak pilihan bentuk file yang dapat digunakan untuk menulis surat lamaran pekerjaan. Dapat dicatat langsung di kolom yang disiapkan di E-mail (baik lewat PC atau mobile), juga bisa dicatat dulu di DOC serta nanti baru dikirim jadi lampiran. Berikut ini ada contoh-contoh yang tunjukkan cara-cara berlainan mengirim surat lamaran pekerjaan lewat E-mail:

1. Lewat E-mail (DOC) 

2. Lewat E-mail (Mobile phone) 

3. Lewat E-mail (PC) dan lampiran-lampirannya yang dibutuhkan 

Baik berbentuk DOC atau langsung dicatat di kolom yang disiapkan di E-mail, yang penting ialah kelengkapannya. Jadi, sebelum dikirim sebaiknya dicheck adakah yang salah tulis atau ada berkas-berkas yang belum dilampirkan. 

Nilai plus dari mengirim surat lamaran kerja melalui E-mail ini tidak hanya praktis serta cepat, dapat juga menangani persoalan yang seringkali seringkali muncul jika tulisanmu termasuk sulit dibaca atau buruk. Tetapi nilai kurang dari kirim surat lamaran melalui E-mail ialah jika tertinggal satu lampiran akan sulit menambahkannya sebab lampiran yang kamu kirim terakhir mungkin saja nanti akan tertimbun dengan E-mail dari pelamar-pelamar lain. Oleh karena itu yakinkan semua telah rapi serta komplet sebelum meng-klik tombol kirim.